9/8/15

LS Pedia #3 : Posisi dalam Flag Football [Offense Team]



LS Pedia yg ketiga akan bahas tentang posisi2 yg ada dalam flag football.

Offense Team : 

1. Offensive Lineman : Tugas utama dari offensive lineman adalah blocking. Mereka tidak diperbolehkan untuk membawa lari bola atau menangkap bola [kecuali ketika bola yg di lempar QB terkena/terdeflected oleh lawan]. Dikarenakan tugas utamanya adalah blocking, para Offensive lineman biasanya bertubuh tinggi dan besar. Mereka juga memiliki power terbesar di antara pemain Offense lainnya.

  • Center [C] : Center adalah pemain yg memulai setiap play dari tim offense dengan melakukan snap ke belakang,: atau memberikan bola kepada Quarterback. Center berada ditengah Offensive Lineman. Center biasanya yg memutuskan kemana arah blocking dan pemain defends mana yg harus di block.                                                             Biasanya dalam FF, Center adalah OL terkuat dibanding OL lainnya.
  • Guard [G] : Guards berposisi tepat di sebelah center [kiri & kanan]. Biasanya, guard menjadi lead block bagi running back [Run Blocking], seperti play 'Traps' [lari lewat dalam/tengah], 'sweeps' [lari kearah luar], atau 'screen' [passing play]. Akibat tidak adanya Offensvie Tackles, Guards juga harus jago dalam pass blocking.                     Guards memiliki pergerakan yg lebih cepat dibandingkan center karena lawan mereka, Defensive End, adalah pemain DL tercepat dibandingkan dengan DT.
2. Backs & Receivers : Ada 5 pemain [jika format 8vs8] backs & receivers yg berposisi di luar / dibelakang Offensive lineman. 
  • Quarterbacks [QB] : Quarterbacks adalah pemain yg menerima bola dari center. Quarterbacks adalah posisi paling krusial dalam Offense Team. QB biasanya menerima instruksi play dari pelatih yg ada di sideline [luar lapangan] lalu merundingkannya dengan pemain lainnya ketika Huddle. Ada 3 tempat dimana QB berdiri, pertama tepat di belakang Center, "Under Center", kedua berdiri beberapa yard dibelakang Center, "In the Shotgun", atau berdiri diantara Center dan Backs/Running Back, "Pistol Formation". Setelah menerima snap dari Center, ada 3 basic play yg bisa dilakukan QB, ia bisa membawa lari bolanya sendiri, ia bisa memberikan bola kepada backs, atau ia bisa memberikan pass kepada receivers.                                                                                                                                                                 Dalam NFL, rata2 Quarterback memiliki tinggi 6'3 kaki [191cm]. Hal tersebut dikarenakan rata2 Offensive Lineman di NFL memiliki tinggi 6'5 kaki [196cm]. Namun, pemain seperti Drew Brees [6'0-183cm-New Orlean Saints] & Russel Wilson [5'11-180cm-Seattle Seahawks] membuktikan bahwa tinggi badan tidak begitu memengaruhi performa mereka ketika bertanding.
  • Running Back [RB] : Running back adalah pemain yg berposisi tepat di belakang OL, dan menerima bola dari Qb untuk melakukan run play. Mereka juga bisa menangkap passing dari Quarterback ketika tidak ada receivers yg terbuka. Mereka juga bisa melakukan blocking seperti offensive lineman [tergantung play yg di pakai].                           Berbeda dari serial komik eyeshiel21, Running Back modern tidak harus pelari tercepat dalam offense team. Pada NFL, memang ada beberapa RB yg memang bukan pelari tercepat dalam tim namun, mereka memiliki teknik dan gaya masing2. Seperti full power yg dimiliki Marshawn Lynch-Beastmode [Seahawks] sehingga ia sulit dijatuhkan, elusiveness-kemampuan membuat pemain defense miss- seperti LeSean Mccoy [Bills], atau patient-sabar menunggu celah-membiarkan OL mengerjakan tugasnya- seperti LeVeon Bell [Steelers].
  • Fullback [FB] : Fullback biasanya memiliki tubuh yg lebih besar dan lebih kuat dari running back. Tugas utama nya adalah blocker-lead blocker. Tapi, mereka juga bisa menangkap umpan dan lari seperti running back. Full back berdiri lebih dekat dengan OL daripada RB.                                                                                                                                         Pada dasarnya, masih jarang tim Flag Football yg menggunakan fullback. Sementara, LS memiliki 2 fullback yaitu Ahmad Tryanto & Iqbal Kurniawan. Mereka memiliki andil yg cukup besar terhadap run play LS pada Surabaya Bowl season 3 lalu. 
  • Tight End [TE] : Jika di NFL, biasanya TE berada tepat di sebelah Tackles [Offensive Tackle] tapi, di flag football, TE biasanya berada di sebelah Guard. Tight End bisa dibilang pemain serba bisa, mereka bertugas untuk melakukan blocking, terutama ketika run play, namun, mereka juga bisa menangkap umpan dari QB.                                                 Pada NFL modern saat ini, TE bisa juga berposisi jauh dari tackles [namun tidak sebagai Wide-Out], mereka juga bisa menjadi number-one-receiver seperti TE New Orleans Saints yg baru saja pindah ke Seahawks, Jimmy Graham, ada juga Rob Gronkowski[NE]-Antonio Gates[SD]-Julius Thomas[DEN] yg memiliki 12 touchdown [T-1st by TE] pada 2014 NFL regular season. 
  • Wide Receiver [WR] : Tugas utama mereka adalah lari sesuai rute yg ditentukan, dan menangkap pass dari Quarterback. WR biasanya berposisi di sisi paling luar-sebelah garis lapangan. Biasanya, wide receiver adalah pelari tercepat sekaligus terlincah pada offense team. Mereka setidaknya diiharuskan memiliki lompatan yg tinggi untuk bisa menang duel udara dgn pemain defense. Well-rounded receivers juga bisa menjadi blocker yg efektif, dan dalam beberapa kasus, WR bisa membawa bola seperti running back pada trick play.                                                               Pada NFL 40yard dash rata2, Wide Receiver dan Cornerback memimpin di posisi pertama dengan 4.55 detik. Sementara Running back & Safety di posisi kedua dan ketiga dengan rata2 4.59 & 4.62 detik. 



Trivia : 

      RB Hasbi Azhar adalah pemain tercepat di lobster spartan dengan catatan waktu 4.49 detik dalam 40yard dash. Sementara itu, MVP SurBowl 3, DL Bagasrana Putra mencatatkan 4.9 detik dalam 40 yard dashnya. 

Source : LS Training Camp 2016







#KnowTheGame #Flag Football 

1 comment:

  1. Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja, dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA, awalnya saya ragu, tapi setelah saya lihat pembuktian video AKI ZYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah benar terbukti dan 2Miliar yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda, saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah/Pesugihan Putih AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia,jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet »»>INFO KLIK DISINI<«« Wassalam





    RITUAL DUNIA GHAIB

    RITUAL TEMBUS TOGEL/LOTREY

    BUAYER MUSTIKA

    PAKAR MUSTIKA

    ReplyDelete