9/11/15

LS Pedia #5 : Kompetisi Flag Football

Penyerahan medali ketika Surabaya Bowl season 2

Pada bagian ke-5 kali ini, LS Pedia akan kasih info tentang Kompetisi Flag Football.

Flag Football di Indonesia :

      Merdeka Bowl menjadi kompetisi tertinggi dalam Flag Football nasional, pertama kali diselenggarakan tahun 2012 lalu dan Merdeka Bowl 2 baru saja selesai di gelar mei 2015 lalu. Tim regional Jakarta keluar sebagai juara pada ajang paling bergengsi se-Indonesia 2x berturut - turut. Sementara Bogor Panther menjadi runner-up di seri pertama sementara tim regional Bandung menjadi runner-up pada seri kedua.

      Di 'bawah' MerBowl, ada Nasional Friendly Game yang tuan rumah nya selalu berpindah. Pada tahun 2013, Yogyakarta menjadi tuan  rumah NFG 2, dan giliran semarang pada tahun 2014 untuk menjadi tuan rumah NFG 3.

      Di level nasional, selain kedua kompetisi tersebut, diadakan juga kompetisi antar mahasiswa yg disebut College Bowl. College Bowl rutin diadakan setiap tahunnya sejak tahun 2013 lalu di malang. Tahun kedua diadakan di bandung dan untuk tahun ini, yogyakarta akan menjadi tuan rumah CoBowl. Universitas Padjadjaran menjadi satu2 nya juara setelah berhasil mempertahankan gelarnya pada tahun lalu-back to back champion.

Flag Football Internasional :

      Untuk internasional, masih belum banyak info tentang turnamen Flag Football yg dikhususkan untuk 8vs8. Sementara pertandingan FF 5vs5 sudah menjamur sejak beberapa tahun lalu.

      Kompetisi tertinggi flag football di internasional adalah World Cup Flag Football yg diselenggarakan oleh IFAF [Internasional American Football Federation]. Pada world cup tersebut, versi yg dipertandingkan adalah versi 5vs5. World Cup flag football diadakan setiap 2 tahun sekali.

      Belum lama ini, IFAF juga kembali mengadakan Asia Flag Football Championship yg di helat di vietnam april, 2015 lalu. Kompetisi ini juga mempertandingkan 5vs5 version.








#KnowTheGame #FlagFootball


No comments:

Post a Comment