9/10/15

LS Pedia #4 : Posisi dalam Flag Football [Defense Team]


Defense Team : 

1. Defensive Lineman : Tugas utama dari defensive lineman adalah untuk 'menganggu' Quarterback atau melakukan sack [men-deflag QB sebelum sempat melakukan pass] untuk menghentikan permainan-mencegah tim offense mendekat ke endzone atau mencetak skor. Posisi DL tidak selalu rapat antara 1 pemain dengan pemain lainnya [berbeda dengan OL], hanya saja, posisi DL paling luar tidak boleh melebihi bahu dari Offensive Guard.

  • Defensive Tackle [DT] : DT berposisi tepat di depan center [dalam flag football]. Kebanyakan DT memiliki tubuh yg sama seperti Offensive Lineman. DT lebih bertipe sebagai Run-Stopping dibanding sebagai good pass rusher.         Pada Surabaya Bowl season 4 lalu, DT Bagasrana Putra berhasil menorehkan total 10 sacks dan 3 deflag for loss. 1st in the league in sacks. 
  • Defensive End [DE] : DE berposisi di sisi luar / sebelah kanan-kiri defensive tackle. Tugas utama mereka adalah menghentikan Quarterback untuk melakukan pass atau menghentikan run play offense kearah luar [sering disebut sebagai 'Containment' / 'Contain']. DE memiliki speed yg lebih baik dibandingkan dengan DT. Pemain tercepat DE [diantara 2 DE] biasanya berposisi di sebelah kanan/sebelah kiri Quarterback [Right End] karena itu adalah 'Blind Spot' dari Quarterback bertangan kanan. Dikarenakan speed yg dimiliki, kebanyakan DE memiliki lebih banyak sack [deflagging Quarterback] dibandingkan dengan Defensive Tacle.                                                                                     Lobster Spartan Defensive Right End, Muhammad Luqman, berhasil melakukan 4 sacks dalam 1 game pada week 2 ketika melawan Ubaya Predator februari lalu. 
2. Linebacker : Linebacker bermain di belakang defensive lineman sekaligus memainkan beberapa peran [tergantung dengan play] seperti blitz / rushing the passer, cover-man to man terhadap salah satu receiver, menghentikan run, atau melakukan zone
  • Middle Linebacker [MLB] : Berposisi tepat di tengah-dibelakang defensive tackle. Sering disebut sebagai "Quarterback of the defense" karena mereka sering memilih play yg akan di mainkan. MLB harus bisa menghentikan run yg gagal dihentikan oleh DL, menjaga zona tengah, dan melakukan blitz.                                                                           Carolina Panthers star Middle Linebacker, Luke Kuechly memimpin NFL dalam tackles dengan total 158x tackles season lalu. 
  • Outside Linebacker [OLB] : OLB berposisi di sebelah kiri / kanan MLB atau bahkan di sebelah defensive end. Tergantung play yg di pakai. OLB cenderung adalah linebacker tercepat dan lincah dalam defense. OLB memiliki beberapa macam peran seperti "Strongside" linebacker atau "Weakside" linebacker. Strongside linebacker biasanya berdiri disisi yg sama-berhadapan dengan Tight End dan lebih sering memiliki tugas untuk mengcover Tight End atau Running Back ketika pass play. Sementara Weakside linebacker berposisi di luar offensive line yg tidak dihuni Tight End dan lebih sering untuk melakukan blitz atau mengcover Running Back ketika pass play.                           Kansas City OLB, Justing Houston, memimpin NFL dalam sacks dengan total 22x sacks season lalu. 
3. Defensive Back : Defensive backs atau bisa juga disebut "Secondary", biasa bermain dibelakang linebacker atau di sisi luar lapangan [Sideline]. Tugas utama defensive back adalah untuk melakukan pertahanan melawan pass play dari offense lawan dengan menjaga Wide Recevers atau Tight End atau melakukan Intercept pada pass QB. Rata2 defensive back diharuskan memiliki speed yg jauh lebih bagus dibandingkan defensive line atau linebacker. Hal tersebut dikarenakan untuk adu lari-mengejar receivers atau running back yg gagal dihentikan oleh DL dan LB. 
  • Cornerback [CB] : Cornerback biasanya berposisi di sisi luar-sideline. Tugas utama dari cornerback adalah untuk menjaga wide receiver. Mereka bisa melakukan pass defended [menghalau pass-bola] atau menangkap bola itu sendiri-Intercept. Cornerback biasanya adalah pelari tercepat dalam tim defense. Hal tersebut dikarenakan lawannya, Wide Receiver yg biasanya menjadi pelari tercepat dalam offense team.                                                                             Namun, dalam NFL modern, kini muncul 2 tipe, one-side corner, Cornerback yg selalu ada di posisi/sisi yg sama, mengikuti scheme dari tim tersebut. Tim dengan one-side corner cenderung memakai zone scheme. Sementara classic shutdown corner. Dimana seorang cornerback atau number one corner in the team, always travel with the opponents number one receiver.
  • Safety [S] : Safety adalah pemain terakhir-berposisi paling belakang dalam defense team dan sering sekali membantu Cornerback ketika deep pass [long pass]. Safety juga bisa membantu linebacker & defensive line untuk menghentikan run play. Karena peran "bisa melakukan semuanya-do everything role" itu, kebanyakan safety adalah best all-around athlete / atlet terbaik dalam tim defense. Ada 2 macam safety, Strong Safety & Free Safety. Strong safety biasanya berdiri dekat dengan linebacker & defensive line. Sementara free safety berdiri diposisi paling belakang. Jika dibedakan lagi, strong safety lebih ahli dalam menghentikan run play-short pass sementara free safety lebih jago dalam long pass bahkan melakukan intercept. Tapi sekali lagi, peran dari pemain defense bisa saja berbeda tergantung play seperti apa yg akan di pakai.                                                          
  • Nickelback : Nickelback adalah sebutan untuk defensive back tambahan / bisa dipanggil dengan Slot Corner. Normalnya, dalam Flag Football hanya memakai 3-4 defensive back [dengan 2 CB 1 S atau 2 CB & 2 S]. Nickelback lebih disebutkan untuk cornerback tambahan. Beberapa play defense mengharuskan untuk mengurangi linebacker dan memasukkan cornerback tambahan untuk mengcover receivers tambahan oleh offense team.                                            LS menggunakan 3 CB dan 1 S dalam pertandingan melawan ITS Seaborg pada week 5 Surabaya Bowl season 3 seri 1. 


#KnowTheGame #FlagFootball

No comments:

Post a Comment